[Tutorial] delphi 2009 menghitung volume gas(hukum Gay-Lussac) berdasarkan perbandingan koefisien

Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. Delphi termasuk dalam pemrograman bahasa tinggi. Maksudnya adalah perintah-perintah programnya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh manusia. Terlebih Delphi merupakan generasi penerus dari turbo pascal. Karena dari sebagian sintak yang digunakan dalam pemrograman Delphi, sama dengan sintak yang terdapat dalam bahasa pascal. Pemrograman Delphi dirancang untuk beroperasi dibawah sistem operasi windows.

Delphi juga termasuk salah satu pemrograman yang menggunakan konsep berorientasi objek (OOP), yaitu pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati dunia yang sesungguhnya. Dilihat dari keunggulannya program Delphi mempunyai beberapa keunggulan yaitu kualitas, produktivitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang menarik dan diperkuat dengan bahasa pemrograman yang terstruktur dalam struktur bahasa pemrogramanpascal. Sehingga lebih mudah jika kita sebelumnya belajar serta memahami bahasapascal. Untuk versi terkini dari Delphi adalah versi 7 dilengkapi dengan fitur .net dengan tambahan file XML.
kegunaan Delphi:

  • Untuk membuat suatu aplikasi windows
  • Untuk merancang program aplikasi berbasis grafis
  • Untuk membuat program yang berbasis jaringan (client/server)
  • Untuk merancang program aplikasi .Net (berbasis internet)
    Program ini dibuat untuk mencari volume gas salah satu senyawa yang bereaksi. Gay- Lussac menyimpulkan bahwa perbandingan volume dari setiap produk gas terhadap masing – masing volume gas yang bereaksi merupakan perbandingan dari bilangan – bilangan yang bulat dan sederhana. Hukum penggabungan volume (Gay-Lussac) hanya berlaku untuk reaksi gas yang susunan molekulnya sederhana.

Untuk menggunakan program ini, kita harus mengetahui reaksi yang terjadi dan kesetaraannya, karena yang dibutuhkan adalah koefisien masing – masing senyawa dan salah satu volume gas juga harus diketahui. Sebagai contoh reaksi pembakara propana C3H8(g) + 5O2(g) → 3CO2(g) + 4H2O(l) untuk mendapatkan tutorial hitung volume gas berdasarkan perbandingan koefisien silahkan klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *